Sistem Koloid (file 1)

by Apep Ependi, S.Si

sifat koloid
efek Tyndall
Salam,

Hallo, POJOKIMIA kali ini posting Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas sebelas XI mengenai "Sistem Koloid". Postingan Materi atau Bahan ajar Sistem Koloid ini merupakan postingan yang pertama.

Pada Materi atau Bahan ajar Sistem Koloid ini, mempunyai kompetensi sebagai berikut: 1) mengelompokkan sistem koloid berdasarkan hasil pengamatan dan penggunaannya di industri. 2) mengidentifikasi sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 3) membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

Sistem Koloid adalah sistem pencampuran yang sifat-sifatnya berada di antara larutan dan suspensi. Sifat-sifat yang dimiliki oleh sistem koloid di antaranya: 1) Efek Tyndall. 2) Gerak Brown. 3) Koagulasi. 4) Elektroforesi. 5) Dialisis, dan lain-lain.

Sistem koloid terbentuk oleh fase terdispersi dengan medium pendispersi. Fase terdispersi (dalam larutan dikenal dengan zat terlarut), sedangkan medium pendispersi (dalam larutan dikenal dengan pelarut). Berdasarkan jenis fase dan mediumnya, koloid terbagi ke dalam: 1) buih (gas dalam cair). 2) busa padat (gas dalam padat). 3) Aerosol (cair dalam gas). 4) Emulsi (cair dalam cair). 5) Emulsi pada (cair dalam padat). 6) Aerosol padat (padat dalam gas). 7) Sol (padat dalam cair). 8) Sol padat (padat dalam padat). Sedangkan, gas dalam gas tidak dapat membentuk sistem koloid selalu terbentuk larutan.

Nih, dilihat saja tampilannya:
kompetensi dasar sistem koloid
sifat-sifat sistem koloid
larutan, koloid, dan suspensi
pengelompokkan larutan
aplikasi koloid dalam penjernihan air
aplikasi sistem koloid
Bagaimana tampilannya? Menarik. Silahkan miliki filenya dengan mengunduh pada link: Sistem Koloid ini.
File dalam bentuk swf yang dikompres dengan winrar, jika tidak punya program aplikasinya, silahkan kunjungi aja halaman Bantuan ini. Jika link unduhan RUSAK, silahkan tuliskan informasinya di kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:


CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).

Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar