Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (file 1)

by Apep Ependi, S.Si

rumus hasil kali kelarutan
persamaan kelarutan Ksp
Salam,

Posting kali ini mengenai Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas sebelas XI mengenai "Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)". Materi atau Bahan ajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) merupakan posting POJOKIMIA yang pertama.

Pada Materi atau Bahan ajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) ini, siswa diharapkan dapat: menuliskan rumus hasil kali kelarutan (Ksp) dari larutan elektrolit yang sukar larut, menghitung kelarutan suatu elektrolit dalam air dan dalam ion sejenis, serta menentukan apakah terbentuk endapan atau tidak, jika 2 larutan atau lebih dicampurkan.

Kelarutan (solubility = s) adalah jumlah maksimum zat padat (elektrolit) yang dapat larut dalam tiap liter larutan. Kelarutan suatu garam semakin besar maka garam tersebut semakin mudah larut dalam pelarut (air), sedangkan kelarutan suatu garam semakin kecil maka garam tersebut semakin sukar larut dalam pelarut (air).

Hasil kali kelarutan (Ksp = solubility product constants) merupakan perkalian kation dengan anion dipangkatkan dengan koefisien reaksinya. contoh: reaksi kesetimbangan, AgCl <--> Ag+ + Cl-, maka Ksp = [Ag+] . [Cl-].

Kelarutan suatu garam dipengaruhi suhu, pelarut, dan ion senama. Ion senama merupakan ion sama dari garam yang dilarutkan. Contoh: kelarutan garam AgCl akan berkurang jika dilarutkan dalam air yang telah dilarutkan sebelumnya garam NaCl, karena pada air tersebut terdapat ion Cl- yang sama dengan ion Cl- pada garam AgCl.

Dengan mengetahui kelarutan dan hasil kali kelarutan suatu garam maka dapat diprediksi atau diramalkan apakah jika larutan A dengan larutan B direaksikan akan terbentuk endapan atau tidak. Dengan konsep, 1) jika Qc > Ksp maka pencampuran tersebut akan terbentuk endapat. 2) jika Qc = Ksp maka pencampuran masih tepat jenuh tidak membentuk endapan. 3) jika Qc < Ksp maka pemcampuran belum terbentuk endapan.

Nih, silahkan dilihat tampilannya:
kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan
kesetimbangan kelarutan
efek ion sekutu
meramalkan terbentuknya endapan
Silahkan diunduh filenya pada link: Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) ini.
File yang diunduh dalam bentuk swf yang dikompres dengan winrar, silahkan ke halaman Bantuan untuk mendapatkan software aplikasinya. Jika link unduhan RUSAK, silahkan tuliskan informasinya pada kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:


CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).

Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

2 komentar: