Pembahasan Soal LKS Larutan Penyangga/Buffer (Tahun 2011)

by Apep Ependi, S.Si

pembahasan soal lks larutan penyangga (buffer)
Larutan Buffer
Pada kesempatan ini POJOKIMIA mempostingkan Pembahasan Soal LKS Larutan Buffer atau Penyangga.

Larutan Penyangga merupakan larutan yang terbentuk dari larutan asam lemah dengan garamnya (penyangga asam) dan larutan basa lemah dengan garamnya (pengangga basa). Perlu kalian perhatikan, bahwa larutan penyangga terbentuk jika asam atau basa kuat direaksikan dengan asam atau basa lemah.

Pembahasan soal LKS Larutan Buffer atau Penyangga diberikan berdasarkan banyaknya tujuan pembelajaran yang ada di LKS tersebut, yang terdiri dari:


  • Tujuan 2A (Siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian larutan penyangga dan komponen penyusunnya), hanya 1 bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link: Tujuan 2A
  • Tujuan 2B (Siswa diharapkan mampu merumuskan persamaan untuk menentukan konsentrasi H+ dan OH– suatu larutan penyangga dan menghitung pH dan pOH larutan penyangga dengan menggunakan prinsip kesetimbangan), terbagi ke dalam 5 bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link di bawah ini:
  1. Tujuan 2B (bagian 1)
  2. Tujuan 2B (bagian 2)
  3. Tujuan 2B (bagian 3)
  4. Tujuan 2B (bagian 4)
  5. Tujuan 2B (bagian 5)
  • Tujuan 2C (Siswa diharapkan mampu menghitung pH larutan penyangga pada penambahan sedikit asam, basa, atau pengenceran), hanya 1 bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link: Tujuan 2C
  • Tujuan 2D (Siswa diharapkan mampu menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup dan kehidupan sehari-hari), hanya 1 bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link: Tujuan 2D
Note:  1) Ada beberapa tujuan yang dibagi ke dalam beberapa bagian, hal ini dilakukan untuk mempercepat dan mempermudah proses download. 2) Kalo mau silahkan baca terlebih dahulu halaman Bantuan

Pembahasan soal yang diberikan bukan hanya sebatas pembahasan soal dengan rumus tetapi  disertai dengan konsep-konsep yang terkandung dari setiap soal, sehingga dapat membentuk kerangka berfikir dari siswa tersebut yang dapat membentuk rasa Percaya Diri dalam menyelesaikan soal-soal kimia yang lainnya.

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Terima kasih

2 komentar:

  1. bapak ganteng kok nilai mulok XI IPA tidak bisa dibuka.

    BalasHapus
  2. obat anti remed kimia = pojokimia.blogspot.com

    BalasHapus