Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (file2)

by Apep Ependi, S.Si

kelarutan garam yang sukar larut
perbedaan kelarutan
Salam,

POJOKIMIA kali ini memposting Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas sebelas XI mengenai "Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)". Postingan Materi atau Bahan ajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) ini merupakan postingan yang kedua.

Pada Materi atau Bahan ajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) ini, siswa akan diberikan infomasi mengenai: 1) Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, dipelajari tentang: definisi dan hubungan antara kelarutan dan hasil kali kelarutan. 2) Pengaruh Ion Senama. 3) Pengaruh pH. 4) Reaksi Pengendapan.

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp). Pengertian kelarutan adalah jumlah maksimum zat terlarut yang dapat larut dalam sejumlah pelarut, satuan kelarutan sama dengan molaritas (mol perliter larutan). Hasil kali kelarutan merupakan hasil kali ion-ion zat yang terlarut dipangkatkan dengan koefisiennya.

Kelarutan suatu garam dipengaruhi oleh: jenis pelarut, suhu, pengaruh ion senama, dan pengaruh pH. Jenis pelarut mempengaruhi kelarutan suatu garam berdasarkan Hukum Distribusi, yang menyatakan bahwa "senyawa polar akan larut pada pelarut polar, sedangkan senyawa nonpolar akan larut dalam pelarut nonpolar", sehingga jika senyawa polar dilarutkan dalam pelarut nonpolar maka kelarutannya akan kecil. Contoh: garam yang dalam air kelarutannya sangat besar (mudah larut) akan berkurang kelarutannya dalam minyak tanah.

Nah, tidak panjang lebar. Silahkan dilihat tampilannya di bawah ini:
kompetensi dasar hasil kali kelarutan
kompetensi dasar kelarutan dan Ksp
definisi kelarutan
pengertian kelarutan
efek ion sejenis terhadap kelarutan
pengaruh ion senama terhadap kelarutan
kelarutan diperngaruhi oleh pH
pengaruh pH terhadap kelarutan
Masih belum cukup. Silahkan miliki filenya dengan mengunduh pada link: Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) ini.
File dalam bentuk swf yang dikompres dengan winrar, silahkan kunjungi halaman Bantuan ini untuk mendapatkan software aplikasinya. Jika file unduhan RUSAK, silahkan tuliskan informasinya di kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).

Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar