Radioaktif (1)

by Apep Ependi, S.Si

pita kestabilan
Salam,

POJOKIMIA kali ini mempostingkan Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas duabelas XII, kali ini mengenai "Zat Radioaktif". Postingan Materi atau Bahan ajar mengenai radioaktif ini merupakan postingan yang pertama.

Pada Materi atau Bahan ajar Radioaktif ini, siswa akan mempelajari: definisi dari unsur radioaktif, jenis-jenis sinar radioaktif, peluruhan zat radioaktif, kegunaan radioisotop, serta dampak radioisotop.

Definisi unsur radioaktif, menurut Becquerel adalah suatu unsur atau zat yang secara spontan yang dapat memancarkan sinar atau radiasi. Dia menemukan mineralad uranium. Setelahnya, ditemukan zat radioaktif yang lainnya yaitu polonium (diambil dari negara penemunya "Polandia") oleh Marie Curie.

Radiasi atau sinar yang dipancarkan oleh zat radioaktif, yaitu: 1) sinar alfa. 2) sinar beta atau elektron. 3) sinar gamma. 4) sinar proton. 5) sinar neutron. dan 6) sinar positron.

Dikarenakan zat atau unsur radioaktif tidak stabil maka untuk mencapai kestabilan zat atau unsur radioaktif tersebut melakukan peluruhan menjadi zat atau unsur lain yang lebih stabil. Contoh: 226Ra88 meluruh membentuk unsur yang lebih stabil yaitu 222Rn86 yang disertai pemancaran sinar alfa.

Radioisotop berbeda dengan radioaktif. Radioisotop adalah unsur yang memiliki nomor massa kurang dari 83, sedangkan radioaktif adalah unsur yang memiliki nomor massa lebih dari 83. Peranan atau manfaat radioisotop, contohnya dalam bidang: kesehatan, pengawetan makanan, pertanian, hidrologi, biologi, kimia, dan lain-lain. Selain, kegunaan di atas, ada pula dampak penggunaan radioisotop, seperti: merusak jaringan sel, menurunkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, menyebabkan penyakit leukimia, kemandulan dan mutasi kulit, serta kerusakan kulit dan syaraf.

Nih, tampilan-tampilannya:
tampilan awal radioaktif
beranda radioaktif
peluruhan zat radioaktif
waktu paruh
Bagaimana? Menarik tampilannya. Langsung saja miliki filenya dengan mengunduh pada link: Zat Radioaktif ini.
File dalam bentuk winrar, silahkan dapatkan program aplikasinya di halaman Bantuan ini. Jika file unduhan RUSAK, silahkan tuliskan informasinya di kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).
Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya. 
Wa'salam

4 komentar:

  1. Website yang sangat bagus dan bermanfaat..
    Berkah dalem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, jika apa yang saya berikan ini dapat dimanfaatkan.

      Hapus
  2. wah, semua materinya sangat bermanfaat mas!, berkat mas ane jadi suka dan gampang untuk belajar kimia dan sekarang ane jadi pelanggan tetap situs mas ini. :D

    BalasHapus