Senyawa Hidrokarbon (1)

by Apep Ependi, S.Si

propena
alkena (propena)
Salam,

POJOKIMIA kali ini mempostingkan Materi atau Bahan Ajar Kimia untuk kelas sepuluh X. Materi atau Bahan ajar kali ini mengenai "Senyawa Hidrokarbon". Postingan Materi atau Bahan ajar Senyawa Hidrokarbon ini merupakan postingan yang pertama.

Pada Materi atau Bahan ajar Senyawa Hidrokarbon ini, siswa akan diberikan pengetahuan tentang: kimia karbon, penggolongan hidrokarbon, tata nama senyawa hidrokarbon, hubungan titik didih dengan massa molekul relatif (Mr), keisomeran hidrokarbon, serta reaksi senyawa hidrokarbon.

Senyawa Hidrokarbon adalah senyawa yang umumnya hanya terbentuk oleh atom hidrogen H dan atom karbon O. Senyawa hidrokarbon termasuk dalam senyawa organik karena berasal dari mahluk hidup. Cara mengidentifikasi senyawa hidrokarbon yakni dengan dibakar yang akan menghasilkan uap air dan karbon dioksida. Uap air yang dihasilkan dilewatkan pada kertas kobalt yang akan memberikan warna merah jambu. Sedangkan, gas karbon dioksida diidentifikasi dengan dialirkan pada air barit Ba(OH)2 atau air kapur Ca(OH)2 yang akan membentuk endapan putih CaCO3.

Senyawa Hidrokarbon untuk siswa kelas sepuluh X hanya digolongkan dalam tiga 3 kelompok, yaitu: kelompok alkana, kelompok alkena, dan kelompok alkuna. Senyawa hidrokarbon alkana, yaitu senyawa hidrokarbon yang berikatan tunggal atau jenuh, senyawa hidrokarbon alkena, yaitu senyawa hidrokarbon yang mengandung ikatan rangkap dua atau tak jenuh, sedangkan senyawa hidrokarbon alkuna, yaitu senyawa hidrokarbon yang mengandung ikatan rangkap tida atau tak jenuh.

Mari dilihat tampilan-tampilannya di bawah ini:
slide awal hidrokarbon
tampilan awal senyawa hidrokarbon
slide beranda hidrokarbon
beranda senyawa hidrokarbon
slide pengenalan senyawa hidrokarbon
pengenalan senyawa hidrokarbon
reaksi adisi senyawa hidrokarbon
Bagaimana tampilannya? Okeh punya kan. Silahkan unduh saja filenya pada link: Senyawa Hidrokarbon ini.
File ini dalam bentuk ppsx, jika link unduhan RUSAK, silahkan tuliskan informasinya di kolom komentar agar diperbaiki.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).

Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar