Kimia Unsur (2)

by Apep Ependi, S.Si

warna nyala alkali dan alkali tanah
Salam,

POJOKIMIA kali ini mempostingkan Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas duabelas (XII), postingan kali ini mengenai "Kimia Unsur". Postingan mengenai Materi atau Bahan ajar Kimia Unsur ini merupakan postingan yang kedua.

Pada Materi atau Bahan ajar Kimia Unsur ini difokuskan pada golongan alkali dan alkali tanah. Yang diharapkan siswa dapat mengetahui tentang: menguraikan sifat-sifat fisis unsur antara lain jari-jari, titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, dan sifat khusus lainnya; menguraikan sifat-sifat kimia unsur baik melalui percobaan atau diskusi, misalnya kereaktifan, kelarutan, dan sifat khusus lainnya; merancang dan melakukan percobaan reaksi nyala senyawa logam alkali dan alkali tanah dan mengidentifikasi warna nyalanya.

Golongan alkali dan alkali tanah pada sistem periodik unsur terletak pada golongan IA dan IIA. Golongan alkali anggotanya Li, Na, K, Rb, Cr, Fr, sedangkan golongan alkali tanah anggotanya Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra. Golongan alkali lebih reaktif dibandingkan golongan alkali tanah dikarenakan mempunyai jari-jari lebih besar dan elektron valensi yang lebih sedikit. Kedua golongan disebutkan sebagai golongan alkali dikarenakan jika dilarutkan dalam air yang telah diteteskan dengan indikator fenolftalein akan membentuk larutan basa yang ditandai dengan berubahnya warna fenolftalein dari tak berwarna menjadi merah.

Contoh golongan alkali adalah natrium (Na). Logam Na didapat dari lelehan NaCl yang dicampur dengan CaCl2 menggunakan "sel down".  Penambahan CaCl2 dilakukan untuk  menurunkan suhu optimum reaksi dari 800oC menjadi 500oC sehingga hemat bahan bakar.

Contoh golongan alkali tanah adalah magnesium (Mg). Banyak terdapat di alam dan diperoleh dengan cara mereduksi ion positifnya dan dielektrolisis menggunakan "sel down".

Nah, cukup saja. Silahkan lihat tampilannya di bawah ini:
kompetensi alkali dan alkali tanah
sifat logam alkali dan alkali tanah
reaksi logam alkali dan alkali tanah
kelimpahan logam alkali dan alkali tanah
Masih belum cukup?, silahkan unduh saja filenya pada link: Kimia Unsur ini.
File ini dalam bentuk winrar sehingga perlu diekstrak terlebih dahulu dan dibuka dengan aplikasi flash player, jika membutuhkan aplikasi untuk mengektrak dan membukanya, silahkan ke halaman Bantuan ini. Oh iya, jika file unduhan RUSAK, tuliskan saja konfirmasinya di kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).
Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar