Kimia Unsur (3)

by Apep Ependi, S.Si

sifat golongan halogen
Salam,

POJOKIMIA kali ini masih mempostingkan Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas duabelas (XII). Kali ini mengenai "Kimia Unsur".

Materi atau Bahan ajar Kimia Unsur ini merupakan postingan yang ketiga kalinya dengan judul postingan yang sama. Pada postingan kali ini memfokuskan pada golongan halogen.

Pada Materi atau Bahan ajar Kimia Unsur ini, siswa akan memahami tentang: menguraikan sifat-sifat fisis unsur antara jari-jari, titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, dan sifat khusus lainnya; menguraikan sifat-sifat kimia unsur baik melalui percobaan atau diskusi, misalnya kereaktifan, kelarutan, dan sifat khusus lainnya.

Golongan Halogen terletak pada golongan ke VIIA di sistem periodik unsur. Dimasukkan ke dalam golongan VIIA dikarenakan elektron valensinya adalah 7 dengan konfigurasi elektron ns2 np5 (n dimulai dari 2). Anggota golongan halogen, yaitu: F, Cl, Br, I, At.

Unsur-unsur halogen mempunyai perbedaan wujud dan warna pada suhu kamar. Fluorin pada suhu kamar berwujud gas dan berwarna kuning, Klorin pada suhu kamar berwujud gas dan berwarna kuning kehijauan, Bromin pada suhu kamar berwujud cairan dan berwarna coklat kemerahan, Iodin pada suhu kamar berwujud padatan dan berwarna ungu biru, sedangkan Astatin pada suhu kamar berwujud padatan dan berwarna biru, tetapi tidak terdapat dalam molekul diatomiknya.

Pembuatan unsur golongan halogen, contoh: Fluorin dibuat dari kalsium fluorida (CaF2) yang direaksikan dengan larutan asam sulfat pekat (H2SO4) akan menghasilkan asam fluorida yang kemudian hasilnya dilakukan destilasi kemudian dilakukan elektrolisis dengan melakukan KHF2, kemudian didapat gas fluorin (F2).

Silakan, dilihat saja tampilannya di bawah ini:
tujuan kimia unsur halogen
materi golongan halogen
bentuk garam senyawa halogen
senyawa halogen
kegunaan bromin Br2
Kalau, ingin punya filenya silahkan saja unduh pada link: Kimia Unsur ini.
File dalam bentuk swf yang dikompres dengan winrar, jika ingin program aplikasinya silahkan ke halaman Bantuan ini. Oh iya, jika file unduhannya RUSAK, silahkan tuliskan informasinya di kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).
Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar