Kimia Unsur (1)

by Apep Ependi, S.Si

unsur klorin, bromin, dan iodin
Salam,

POJOKIMIA kali ini mempostingkan Materi atau Bahan ajar Kimia kelas duabelas (XII), kali ini mengenai "Kimia Unsur". Postingan Materi atau Bahan ajar Kimia Unsur ini merupakan postingan yang pertama.

Pada Materi atau Bahan ajar Kimia Unsur ini, siswa akan mempelajari tentang: kelimpahan dan identifikasi unsur, golongan gas mulia, golongan halogen, golongan alkali dan alkali tanah, unsur-unsur periode ke tiga dan periode keempat, serta kegunaan unsur dan senyawa kimia.

Kelimpahan dan identifikasi unsur, di sini akan diterangkan tentang kelimpahan unsur di alam dalam bentuk materialnya serta cara mengidentifikasi unsur tersebut, contoh: unsur aluminium di alam dalam bentuk bauksit (Al2O3.2H2O) dan cara mengidentifikasinya bahwa dalam larutan asam, logam Al akan larut. Sedangkan, dalam larutan basa, akan menghasilkan endapan gelatin putih yang jika diteruskan penambahan larutan basanya (NaOH) endapan tersebut terlarut kembali.

Golongan gas mulia, halogen, alkali, dan alkali tanah. Golongan gas mulia merupakan golongan yang terletak paling kanan pada sistem periodik dengan anggota He, Ne, Ar, Kr, Xe, Rn. Golongan halogen merupakan golongan VIIA dengan anggota F, Cl, Br, I, At. Golongan alkali, dikatakan golongan alkali karena unsur-unsur tersebut jika dilarutkan akan menghasilkan larutan yang bersifat basa (memerahkan lakmus biru) dengan anggota H (masih dipertanyakan), Li, Na, K, Rb, Cs, Fr. Golongan alkali tanah berada pada golongan IIA pada sistem periodik, dikatakan sebagai golongan alkali tanah karena bersifat basa dan senyawaanya banyak terdapat pada tanah.

Cukup sampai sini saja, silahkan lihat tampilannya di bawah ini:
kimia unsur
slide beranda kimia unsur
beranda kimia unsur
slide kelimpahan unsur di alam
kelimpahan unsur di alam
sifat-sigat halogen
Masih belum cukup, silahkan ke unduh file ini pada link: Kimia Unsur ini.
File dalam bentuk winrar perlu diekstrak terlebih dahulu, jika belum punya aplikasi untuk mengekstraknya silahkan ke halaman Bantuan ini. Kalau link unduhan ini RUSAK, silahkan tuliskan informasinya di kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).
Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar