Elektrokimia (2)

by Apep Ependi, S.Si

sel volta
aki
Salam,

POJOKIMIA kali ini mempostingkan Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas duabelas (XII), kali ini mengenai "Elektrokimia".

Postingan Materi atau Bahan ajar elektrokimia ini merupakan postingan yang kedua, dan kali ini menitikberatkan pada menyetarakan persamaan reaksi reduksi oksidasi (redoks).

Pada Materi atau Bahan ajar elektrokimia ini, siswa akan mempelajari cara menyetarakan suatu reaksi reduksi oksidasi (redoks) baik dengan cara setengah sel ataupun bilangan oksidasi (biloks) baik dalam suasana asam maupun suasana basa.

Persamaan reaksi kimia harus mematuhi Hukum Kekekalan Massa, yakni jumlah atom-atom di ruas kanan (produk) harus sama dengan jumlah atom-atom di ruas kiri (reaktan). Serta, muatan di ruas kiri sama dengan muatan di ruas kanan.

Pada penyetaraan reaksi reduksi oksidasi (redoks) dikenal dengan 2 cara, yaitu cara setengah sel atau reaksi dan cara bilangan oksidasi (biloks).

Cara setengah sel, dilakukan dengan urutan sebagai berikut: 1) bagi reaksi menjadi setengah reaksi. 2) setarakan atom-atom selain atom O dan H. 3) tambahkan molekul H2O pada ruas yang kekurangan O dan ion H+ pada ruas yang kekurangan atom H (jika suasana asam) atau tambahkan molekul H2O pada ruas yang kelebihan O dan tambahkan ion OH- pada ruas yang kekurangan atom H (jika suasana basa). 4) setarakan jumlah muatan dengan menambahkan elektron.

Cara bilangan oksidasi dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) tentukan atom yang mengalami perubahan bilangan oksidasi (biloks). 2) setarakan perubahan biloks dengan cara mengkalisilangkan. 3) samakan muatan dengan cara: jika muatan di ruas kiri lebih negatif maka ditambahkan ion H+ (berarti suasana asam) dan jika muatan di ruas kiri lebih positif maka ditambahkan ion OH- (berarti suasana basa). 4) setarakan atom hidrogen dengan menambahkan H2O.

Silahkan dilihat saja tampilan-tampilannya:
penyetaraan reaksi redoks
cara setengah sel atau reaksi
cara bilangan oksidasi
dalam suasana basa
Masih belum cukup dengan tampilan di atas, silahkan diunduh saja filenya pada link: Elektrokimia ini.
File ini dalam bentuk file swf, jika belum punya program aplikasinya silahkan ke halaman Bantuan ini. Eh, iya. Jika link unduhannya RUSAK, informasikan saja di kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).
Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar