Hidrolisis Garam (file 1)

by Apep Ependi, S.Si

tetapan hidrolisis garam
Salam,

Hai, POJOKIMIA masih mempostingkan Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas sebelas XI, kali ini materi atau bahan ajarnya mengenai "Hidrolisis Garam". Postingan Materi atau Bahan ajar Hidrolisis Garam ini merupakan postingan yang pertama.

Pada Materi atau Bahan ajar Hidrolisis Garam ini, diharapkan siswa dapat: memahami pengertian garam yang mengalami hidrolisis, menentukan ciri-ciri garam yang dapat mengalami hidrolisis, menentukan pH larutan garam yang berasal dari asam dan basa kuat, menentukan pH larutan garan yang berasal dari asam kuat dan basa lemah, menentukan pH larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa kuat, serta menentukan pH larutan garam yang berasal dari asam dan basa lemah.

Sebelum mendefinisikan apa itu hidrolisis garam, definisikan terlebih dahulu apa itu Garam?. Garam adalah senyawa yang terbentuk dari sisa asam dan sisa basa atau terbentuk oleh reaksi antara larutan asam dengan larutan  basa.

Hidrolisis Garam adalah  proses penguraian senyawa garam menjadi ion-ion pembentuknya oleh air. Hidrolisis garam ada 3 jenis, yaitu: 1) hidrolisis sebagian atau hidrolisis parsial. 2) hidrolisis total atau hidrolisis sempurna. 3) tidak mengalami hidrolisis.

Hidrolisis sebagian atau parsial, terjadi pada senyawa garam yang terbentuk oleh asam kuat dengan basa lemah atau asam lemah dengan basa kuat (ada yang lemah dan ada yang kuat), contoh: NH4Cl dan Na2CO3.

Hidrolisis total atau sempurna, terjadi pada senyawa garam yang terbentuk oleh asam lemah dengan basa lemah (kedua-duanya lemah), contoh: CH3COONH4.

Tidak terHidrolisis, terjadi pada senyawa garam yang terbentuk oleh basa kuat dengan asam kuat (kedua-duanya kuat), contoh: NaCl. (ini saya masukkan menjadi salah satu jenis hidrolisis).

Lihat tampilannya di bawah ini:
tujuan hidrolisis garam
pengertian hidrolisis garam
hidrolisis garam dari asam kuat dan basa kuat
hidrolisis garam dari asam lemah dan basa kuat
Nah, kalo masih belum cukup dengan penjelasan dan tampilan di atas, silahkan unduh filenya pada link: Hidrolisis Garam ini.
File dalam bentuk swf yang dikompres dalam file winrar, silahkan kunjungi halaman Bantuan ini untuk mendapatkan program aplikasinya. Oh iya, jika file unduhannya RUSAK, silahkan tuliskan informasinya di kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).

Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar