Elektrokimia (1)

by Apep Ependi, S.Si

jembatan garam
sel volta
Salam,

POJOKIMIA kali ini mempostingkan Materi atau Bahan ajar Kimia untuk kelas duabelas (XII) mengenai "Elektrokimia". Postingan Materi atau Bahan ajar Elektrokimia ini merupakan postingan yang pertama.

Pada Materi atau Bahan ajar Elektrokimia ini, siswa akan diperkenalkan tentang: reaksi reduksi-oksidasi (redoks), sel elektrokimia, hukum Faraday, serta korosi dan cara pencegahannya.

Materi Elektrokimia merupakan materi lanjutan dari menghitung bilangan oksidasi dan larutan elektrolit-nonelektrolit.

Reaksi Reduksi-Oksidasi (redoks), terdiri atas reaksi Reduksi adalah reaksi yang mengalami pelepasan atau pengurangan atom oksigen, reaksi yang mengalami penurunan bilangan oksidasi, serta reaksi yang menerima elektron. Reaksi Oksidasi adalah reaksi yang mengalami peningkatan atom oksigen, reaksi yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi, serta reaksi yang melepaskan elektron.

Sel elektrokimia merupakan reaksi kimia yang menghasilkan arus listrik, berbeda dengan elektrolisis, yang merupakan arus listrik yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Pada sel elektrokimia dikenal dengan istilah KAPAN (katoda = positif; anoda = negatif), sedangkan pada elektrolisis dikenal istilah KNAP (katoda = negatif; anoda = positif), tetapi untuk reaksi yang terjadinya sama baik di sel elektrokimia maupun elektrolisis, yaitu di anoda terjadi reaksi oksidasi, sedangkan di katoda terjadi reaksi reduksi.

Hukum Faraday ada 2 yaitu Hukum Faraday I yang menyatakan bahwa massa zat yang diendapkan atau dilarutkan sebanding dengan muatan yang dilewatkan dalam sel dan massa molar zat tersebut. Hukum Faraday II menyatakan bahwa pada arus yang sama maka mol ekivalen zat A sama dengan mol ekivalen zat B.

Korosi merupakan proses pelapukan besi atau peristiwa teroksidasinya besi karena uap air.

Silahkan, lihat tampilan-tampilannya:
slide elektrokimia awal
awal elektrokimia
home elektrokimia
beranda elektrokimia
reaksi disproporsionasi
reaksi autoredoks
kespontanan reaksi redoks
Masih belum cukup dengan tampilan di atas, silahkan unduh saja filenya pada link: Elektrokimia ini.
File ini dalam bentuk winrar, sehingga harus diekstrak terlebih dahulu. Jika belum punya aplikasi untuk mengektraknya silahkan ke halaman Bantuan ini. Kalau link unduhannya RUSAK, tolong tuliskan pada kolom komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).
Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar