Struktur Atom dan Sistem Periodik (2)

by Apep Ependi, S.Si

orbital d
Salam,

POJOKIMIA mempostingkan materi ajar kimia kelas sebelas (11) mengenai "struktur atom dan sistem periodik". Postingan ini merupakan postingan yang kedua mengenai materi ajar kimia yang sama.

Pada materi ajar kimia struktur atom dan sistem periodik ini, siswa akan diberikan informasi mengenai: teori atom mekanika kuantum, bilangan-bilangan kuantum, bentuk orbital, konfigurasi elektron, serta hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik. 

Teori atom mekanika kuantum, dikemukakan oleh 3 orang ilmuan: Loius de Broglie, W. Heisenberg, dan E. Scrodinger. Loius de Broglie mengemukakan pendapat tentang dualisme elektron, sebagai partikel dan sebagai gelombang. W. Heisenberg mengemukakan pendapat tentang azas ketidakpastian menemukan elektron. Dan, E. Schrodinger mengemukakan persamaan fungsi gelombang.

Bilangan kuantum (biltum), digunakan untuk menentukan kedudukan elektron dalam ruang. Terdiri dari: bilangan kuantum utama, bilangan kuantum azimuth, bilangan kuantum magnetik, dan bilangan kuantum spin.

Bentuk orbital bergantung pada jumlah bilangan kuantum azimuth, terdiri dari: orbital s, orbital p, orbital d, dan orbital f. Orbital s berupa bola, orbital p berupa bola lonjol terpilin di tengah (2 bulatan), orbital d terdapat 4 bulatan, dan orbital f terdapat 8 bulatan.

Konfigurasi elektron, penulisannya harus disesuaikan dengan: aturan Aufbau, Kaidah Hund, dan Larangan Pauli.

Lihat, tampilannya di bawah ini:
kompetensi konfigurasi elektron
teori atom mekanika kuantum
bilangan-bilangan kuantum
konfigurasi elektron
hubungan konfigurasi dengan sistem periodik
Masih belum cukup, silahkan unduh saja filenya pada link: Struktur Atom dan Sistem Periodik.
File ini jika sudah diesktrak dalam bentuk swf sehingga untuk menjalankannya membutuhkan program flash player, jika belum ada. Download ada di halaman Bantuan ini.
Kalau sudah didownload, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, selalu ingat pada motto:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).

Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar