Perhitungan Kimia (3)

by Apep Ependi, S.Si

Salam,

Postingan ini masih mengenai materi ajar kimia kelas sepuluh (10). Kali ini tentang "perhitungan kimia".

Postingan materi ajar perhitungan kimia ini merupakan postingan POJOKIMIA yang ketiga. Pada bahan ajar perhitungan kimia kali ini, siswa akan diberikan informasi tentang: konsep mol dan perhitungan kimia.

Konsep mol, siswa akan mempelajari hubungan mol dengan satuan-satuan lain (seperti: massa, volume, dan jumlah partikel).

hubungan mol dengan satuan yang lain
Mol merupakan satuan kimia yang sangat sering digunakan, yang sangat erat hubungannya dengan koefisien reaksi. Sehingga, mol saling berhubungan dengan satuan-satuan lainnya. Lihat hubungannya pada gambar di samping.

Hal ini sesuai dengan hukum-hukum dasar kimia yang telah dibahas di materi ajar sebelumnya.

Perhitungan kimia, pada materi ini siswa akan mempelajari tentang: penentuan rumus empiris dan rumus molekul, penentuan senyawa hidrat, penentuan kadar unsur dalam senyawa, serta penentuan reaksi pembatas.

Dalam menentukan rumus empiris dan rumus molekul, diharuskan telah diketahui perbandingan mol antar atom-atom penyusunnya.

Senyawa hidrat merupakan senyawa yang mengandung air, dengan penulisan rumus kimia seperti : CuSO4. 2 H2O.

Untuk menentukan kadar unsur dalam suatu senyawa dapat dimisalkan dengan perbandingan atau persentase. Misalkan: dalam 5 gram obat tablet terdapat aspirin sebanyak 1 gram maka persen aspirin dalam obat tablet tersebut sebesar 20 %.

Pereaksi pembatas adalah pereaksi yang habis duluan, jadi jika dalam suatu reaksi ada keadaan dimana mol-mol zat yang bereaksi diketahui maka harus dicari terlebih dahulu mana pereaksi yang habis duluan, dengan mencari mol per koefisien reaksi. Hasil terkecil merupakan pereaksi pembatas.

Membingungkan?, silahkan lihat tampilan-tampilannya di bawah ini:
tampilan awal perhitungan kimia
beranda perhitungan kimia
hubungan mol dengan satuan lainnya
massa molar
Tertarik dengan tampilan di atas, silahkan download/unduh saja filenya pada link: Perhitungan Kimia.
File berupa file winrar yang harus diektrak terlebih dahulu, silahkan ke halaman Bantuan ini, untuk mengunduh softwarenya.
Sekali lagi, file yang telah diunduh/didownload, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Tetap fokus pada motto:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar