Perhitungan Kimia (1)

by Apep Ependi, S.Si

mind map perhitungan kimia
Salam,

Postingan POJOKIMIA kali ini masih mengenai materi kimia kelas sepuluh (10), khususnya tentang "perhitungan kimia".

Materi perhitungan kimia seringkali dikenal dengan istilah stoikiometri.

Pada materi yang saya sajikan kali ini, siswa akan mempelajari tentang: konsep mol, hubungan mol dengan satuan lainnya (jumlah partikel, volume dalam keadaan STP atau tidak, massa, dan molaritas), hubungan satuan-satuan konsentrasi (molaritas dengan persen dan molaritas dengan normalitas), konsep pengenceran, rumus empiris dan rumus molekul, serta perhitungan kimia dalam persamaan reaksi.

Sedikit saya jelaskan di sini:
Mol merupakan satuan kimia sering digunakan, dimana mol sangat luas kaitannya dengan reaksi-reaksi kimia. Mol dapat dihubungkan dengan jumlah partikel, massa, volume, dll

Hubungan mol dengan satuan yang lainnya (massa, jumlah partikel, dan volume) adalah jika ingin merubah mol menjadi satuan yang lainnya (massa, jumlah partikel, dan volume) maka kita kalikan (jumlah partikel dengan bilangan Avogadro (6,02 x 1023 partikel); massa dengan Mr/Ar; volume dengan 22,4 (STP)), sedangkan merubah dari jumlah partikel ke mol maka dibagi. Sedangkan, hubungan mol dengan molaritas adalah mol ke molaritas dibagi dengan volumenya dan molaritas ke mol dikalikan dengan volumenya

Molaritas merupakan salah satu satuan konsentrasi, selain molaritas satuan konsentrasi yang lain adalah persen (berat, volume, dan berat volume) dan normalitas.

Konsep pengenceran, bahwa mol zat sebelum pengenceran sama dengan mol zat setelah pengenceran.

Rumus empiris merupakan rumus kimia dengan perbandingan paling sederhana, sedangkan rumus molekul merupakan rumus dengan perbandingan sebenarnya. Rumus empiris tidak selamanya sama dengan rumus molekul.
Cukup saja sampai di sini, silahkan saja lihat tampilannya (maaf tampilannya agak rame):
konsep mol
konsep pengenceran
rumus empiris dan rumus molekul
contoh soal perhitungan kimia
kalo masih kurang jelas, silahkan download saja materi ini pada link: Perhitungan Kimia. File yang didownload/diunduh dalam bentuk ppsx.
Tetap berjuang, dan ingat pada motto:


CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY
 
Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar