Hukum-Hukum Dasar Kimia (1)

by Apep Ependi, S.Si

pembentukan molekul
Salam,

Saat ini, saya lagi senang-senangnya mempostingkan materi kimia.

Materi Kimia yang saya postingkan pada POJOKIMIA kali ini mengenai "hukum-hukum dasar kimia". Hukum-Hukum Dasar Kimia merupakan materi kimia kelas sepuluh (10) semester 1.

Hukum-Hukum Dasar Kimia merupakan dasar konsep dalam stoikiometri (perhitungan) kimia. Dimana, pada materi kimia tersebut, siswa akan mempelajari tentang: hukum-hukum dasar kimia, konsep mol, penentuan (rumus empiris), rumus molekul, senyawa hidrat, dan kadar zat dalam senyawa), serta penentuan pereaksi pembatas.

Pada hukum-hukum dasar kimia, siswa akan mempelajari:
  • hukum kekekalan massa (Lavoisier)
  • hukum perbandingan tetap (Proust)
  • hukum perbandingan berganda (Dalton)
  • hukum perbandingan volume (Gay-Lussac)
  • hukum Avogadro
Hukum kekekalan massa oleh Laoisier, dikemukakan bahwa "massa zat sebelum (reaktan) dan sesudah (produk) reaksi adalah sama". Artinya: jika kita mereaksikan zat A sebanyak 5 gram dengan zat B sebanyak 10 gram maka akan terbentuk produk sebanyak 15 gram.

Hukum perbandingan tetap oleh Prosut, dikemukakan bahwa "perbandingan massa unsur-unsur dalam setiap senyawa selalu tetap". Artinya: jika telah diketahui bahwa pembentukan 18 gram air itu membutuhkan 2 gram gas hidrogen dengan 18 gram gas oksigen. Jika kita mereaksikan 2 gram gas hidrogen dengan 20 gram air maka tidak akan terbentuk 22 gram air tetapi tetap 18 gram air dan 4 gram gas oksigen yang bersisa.

Hukum perbandingan berganda oleh Dalton, mengemukakan bahwa "jika 2 unsur membentuk 2 atau lebih senyawa (contoh: C dengan O membentuk senyawa CO dan CO2), untuk massa salah satu unsur yang sama banyaknya, massa unsur ke-2 dalam senyawa-senyawa itu akan berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana".

Hukum perbandingan volume oleh Gay-Lussac, mengemukakan tentang "volume-volume gas yang bereaksi (reaktan) dan volume gas hasil reaksi (produk), jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama berbanding lurus sebagai bilangan-bilangan bulat dan sederhana (koefisien)".

Hukum Avogadro, menyatakan bahwa "pada suhu dan tekanan yang sama, semua gas yang volumenya sama mengandung jumlah molekul yang sama".

Okeh, cukup penjabarannya, silahkan saja lihat tampilan-tampilan di bawah ini:
submateri hukum-hukum dasar kimia
hukum kekekalan massa (Lavoisier)
konsep mol (hubungan mol dengan satuan lainnya)
penentuan pereaksi pembatas (pereaksi yang habis bereaksi)
Masih belum cukup, silahkan download/unduh saja filenya pada link: Hukum-Hukum Dasar Kimia. File dalam bentuk file ppsx.

Tetap berjuang, dan ingat pada motto:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar