Ikatan Kimia (2)

by Apep Ependi, S.Si

ikatan kimia dalam molekul NaOH
Salam,

Masih tentang materi kimia kelas sepuluh, kali ini mengenai "ikatan kimia".

Postingan ikatan kimia ini merupakan postingan POJOKIMIA yang kedua, yang kesatu silahkan search saja.

Pada materi ikatan kimia kali ini, siswa akan mempelajari ikatan kimia dalam hal: kaidah duplet dan oktet; ikatan ion; ikatan kovalen; dan ikatan logam.

Sedikit saya gambar, pada: 
kaidah duplet dan oktet, akan dijelaskan mengapa terjadi ikatan kimia? Ikatan kimia terjadi karena atom-atom ingin mencapai kestabilan, dimana setiap atom ketika berusaha mencapai kestabilan mempunyai cara masing-masing. Untuk golongan IA (kecuali: atom H) , IIA, dan IIIA (kecuali: atom B) umumnya akan melepaskan elektron valensinya sehingga bermuatan positif, sedangkan golongan VA, VIA, dan VIIA (kecuali atom-atom logamnya) umumnya akan menerima elektron sesuai dengan kebutuhannya sehingga bermuatan negarif. 
ikatan ion, akan diterangkan definisi, ciri, dan sifat dari ikatan ion. Definisi dari ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk karena adanya atom yang melepaskan elektron (ion positif) dan atom yang menerima elektron (ion negatif). Cirinya: terjadi antara atom logam dengan atom nonlogam. Sifat ikatan ion: lelehan dan larutannya dapat menghantarkan arus listri; umumnya larut dalam air dan tidak larut dalam pelarut organik; titik didih dan titik lelehnya tinggi. 
ikatan kovalen, akan diterangkan definisi, ciri, dan sifat dari ikatan kovalen. Definisi dari ikatan kovalen adalah ikatan kimia yang terbentuk karena adanya penggunaan bersama pasangan elektron. Cirinya: terjadi antara atom nonlogam dengan atom nonlogam. Sifat ikatan kovalen: larutannya dapat menghantarkan arus listrik; umumnya larut dalam pelarut organik dan tidak larut dalam air; titik didih dan titik lelehnya rendah. 
ikatan logam, akan diterangkan definisi, ciri, dan sifat dari ikatan logam. Definisi dari ikatan logam adalah ikatan kimia yang terbentuk karena adanya delokalisasi elektron dari atom-atom logam yang berikatan. Cirinya: terjadi antara atom logam dengan atom logam. Sifat ikatan logam: keras tapi mudah ditempa; padatan dan lelehannya dapat menghantarkan arus listrik; titik didih dan titik lelehnya sangat tinggi.
Jika masih belum cukup, lihat saja tampilan di bawah ini:
ikatan kimia first slide show
beranda ikatan kimia
aturan duplet dan oktet dalam kestabilan
ikatan kovalen tunggal
Masih belum cukup dengan tampilanya, silahkan saja ambil filenya pada link: Ikatan Kimia.
File yang diunduh/didownload masih dalam bentuk winrar, kalo belum punya software untuk mengekstraknya silahkan saja ke halaman Bantuan ini.
Ingat, gunakanlah dengan BIJAK !!! dan tetap pada motto:


CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY
 
Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar