Tata Nama dan Persamaan Reaksi (2)

by Apep Ependi, S.Si

natrium klorida
Salam,

Masih mempostingkan materi kimia untuk siswa kelas sepuluh (10). Postingan kali ini mengenai "tata nama dan persamaan reaksi". Sesuai dengan judul postingan bahwa materi ajar mengenai masalah ini merupakan postingan POJOKIMIA yang kedua, dimana postingan yang pertama telah dipublish beberapa hari yang lalu.

Pada materi ajar tata nama dan persamaan reaksi ini, siswa akan diberikan pengetahuan mengenai: rumus kimia, bilangan oksidasi (biloks), tata nama senyawa, dan persamaan reaksi. 

Rumus kimia terbagi menjadi 2, yaitu: rumus kimia unsur dan rumus kimia molekul. Rumus kimia unsur adalah rumus kimia yang hanya tersusun oleh satu atom, contoh: aluminium rumus kimianya Al, besi rumus kimianya Fe, gas helium rumus kimianya He, gas neon rumus kimianya Ne, dll. Rumus kimia unsur, umumnya diberikan untuk atom-atom logam dan gas mulia. Rumus kimia molekul, terbagi 2 yaitu: rumus kimia molekul unsur dan rumus kimia molekul senyawa. Rumus kimia molekul unsur adalah rumus kimia yang tersusun oleh 2 atau lebih atom dengan jenis yang sama. Tersusun 2 atom dikenal dengan molekul unsur diatomik, contoh: gas hidrogen rumus kimianya H2, gas oksigen rumus kimianya O2, dll. Sedangkan, yang tersusun oleh lebih dari 2 atom dikenal dengan molekul unsur poliatomik, contoh: fosfor rumus kimianya P4, belerang rumus kimianya S8. Rumus kimia molekul senyawa adalah rumus kimia yang tersusun oleh 2 atom atau lebih dengan jenis yang berbeda, contoh: KCl, H2O, NH3, dll.

Bilangan oksidasi (biloks) adalah angka yang menunjukkan jumlah elektron yang dilepas atau diterima oleh suatu atom, atau menunjukkan muatan dari atom tersebut. Contoh: Na+ maka atom natrium mempunyai biloks + 1 atau Cl- maka atom Cl mempunyai biloks - 1. Untuk menentukan bilangan oksidasi suatu atom dalam molekul memiliki aturan-aturan tertentu.

Tata nama senyawa terbagi dalam 2 cara, yaitu: antara atom logam dengan nonlogam dan antara atom nonlogam dengan nonlogam. Antara atom logam dengan nonlogam, terbagi menjadi 2 cara: atom logamnya dari golongan utama (A) dan atom logam dari golongan transisi. Antara atom nonlogam dengan nonlogam, terbagi menjadi 2 cara: menggunakan bahasa latin dan menggunakan angka romawi.

Persamaan reaksi menggambarkan proses terjadinya suatu reaksi kimia atau menggambarkan zat-zat yang terlibat dalam suatu reaksi. Zat-zat tersebut dipisahkan dengan tanda panah, zat-zat sebelum tanda panah dikenal dengan reaktan (zat-zat yang bereaksi), sedangkan zat-zat setelah tanda panah dikenal dengan produk (zat-zat hasil reaksi).

Tampilan materi ajar ini, dapat dilihat di bawah ini:
tata nama senyawa dan persamaan reaksi
beranda tata nama senyawa dan persamaan reaksi
rumus kimia unsur
unsur, molekul unsur, molekul senyawa, dan rumus empiris
Materi ajar ini dapat diunduh/download pada link: Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi. File dalam bentuk winrar, maka perlu diekstrak terlebih dahulu.
Belum punya softwarenya silahkan saja download di halaman Bantuan ini.

Kalo sudah diunduh/download, gunakanlah dengan BIJAK !!!.

Dan, tetaplah pada motto:


CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY


Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar