Tata Nama dan Persamaan Reaksi (1)

by Apep Ependi, S.Si


contoh nama senyawa asam
Salam,

Asik bisa posting lagi, postingan kali ini masih mengenai materi kimia kelas sepuluh (10) tentang tata nama senyawa dan persamaan reaksi.

Postingan tentang materi kimia ini merupakan postingan yang pertama, mungkin masih ada lagi postingan-postingan dengan label yang sama.

Pada materi tata nama dan persamaan reaksi, siswa akan mempelajari tentang: rumus kimia, bilangan oksidasi, tata nama senyawa, dan persamaan reaksi.

Sedikit informasi pendahuluan tentang tata nama dan persamaan reaksi:

Rumus kimia merupakan sesuatu yang menyatakan perbandingan atom-atom dalam suatu molekul atau senyawa, contoh: air rumus kimianya adalah H2O. Dari rumus kimia tersebut dapat diketahui bahwa dalam pembentukan molekul air diperlukan 2 atom H dan 1 atom O. Dan banyak lagi contoh-contoh yang lain.
Bilangan oksidasi (biloks) merupakan suatu bilangan atau angka yang menyatakan muatan dari suatu atom, bisa positif (+) ataupun negatif (-).
Dalam menentukan tata nama suatu senyawa hal yang harus diperhatikan adalah apakah senyawa tersebut terbentuk oleh atom logam dengan nonlogam atau atom nonlogam dengan nonlogam. 
  • untuk senyawa yang terbentuk dari atom logam dengan nonlogam, terbagi lagi dalam dua bagian: atom logam yang hanya memiliki satu biloks (contoh: logam golongan utama) dan atom logam yang memiliki lebih dari satu biloks (contoh: logam golongan transisi). 
  • untuk senyawa yang terbentuk dari atom nonlogam dengan nonlogam, terbagi ke dalam dua bagian pula, yaitu: menggunakan angka Romawi dan menggunakan bahasa Latin.
Persamaan reaksi kimia, merupakan suatu hal yang menggambarkan proses terjadinya suatu reaksi kimia.
Nah, kalo masih belum jelas silahkan lihat tampilan-tampilan di bawah ini:
tampilan awal tata nama senyawa dan persamaan reaksi
rumus molekul senyawa
bilangan oksidasi (biloks)
menyetarakan persamaan reaksi secara langsung
menyetarakan persamaan reaksi cara pemisalan
masih belum jelas juga, silahkan download/unduh filenya pada link: Tata Nama dan Persamaan Reaksi. File ini dalam bentuk ppsx.

Tidak bosan-bosan, Terima kasih atas kunjungannya di Blog saya dan jika sudah download/unduh filenya, gunakanlah secara BIJAK!!

Dan, tetaplah pada motto:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar