Sifat Koligatif Larutan (1)

by Apep Ependi, S.Si

penurunan tekanan uap larutan
Salam,

Postingan ini merupakan materi atau bahan ajar kimia kelas dua belas (XII), mengenai "sifat koligatif larutan". Postingan materi atau bahan ajar kimia mengenai sifat koligatif larutan ini merupakan postingan POJOKIMIA yang pertama, ada yang lainnya (mudah-mudahan).

Pada materi atau bahan ajar sifat koligatif larutan ini, siswa akan diberikan informasi mengenai: kemolalan, fraksi mol, dan koligatif larutan. 

Kemolalan atau molalitas (m) adalah merupakan pernyataan konsentrasi larutan yang menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam 1 Kg atau 1000 g zat pelarut.

Fraksi mol (Xa) merupakan pernyataan konsentrasi suatu larutan yang menyatakan perbandingan jumlah mol zat terlarut terhadap jumlah mol total komponen larutan.

Sifat koligatif larutan, merupakan sifat yang dimiliki oleh suatu larutan yang tidak diperngaruhi oleh jenis zat terlarut tetapi kuantitas zat yang terlarutnya. Sifat koligatif larutan terdapat: 1). penurunan tekanan uap larutan. 2). penurunan titik beku larutan. 3). kenaikan titik didih larutan. dan 4). tekanan osmosis larutan.

Nih, saya berikan perlihatkan tampilan-tampilannya:
awal sifat koligatif larutan
beranda sifat koligatif larutan
sifat koligatif larutan
tekanan osmotik
Kalau tampilan di atas membuat menarik, silahkan unduh saja filenya pada link: Sifat Koligatif Larutan ini.
File yang diunduh masih dalam bentuk winrar, harus diekstrak terlebih dahulu. Jika file yang diunduh RUSAK, silahkan masukkan komentar.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).
Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar