Termokimia

by Apep Ependi, S.Si

reaksi serbuk besi dengan belerang
Salam

Kali ini saya postingkan materi kimia tentang "termokimia" yang kedua.

Materi kimia termokimia merupakan materi kimia yang diberikan kepada siswa di tingkat SMA/MA kelas 11.

Pada materi termokimia, siswa akan mempelajari tentang: hukum kekekalan energi, sistem dan lingkungan, reaksi eksoterm dan endoterm, berbagai perubahan entalpi standar (pembentukan, penguraian, pembakaran, dll), serta menghitung atau mencari perubahan entalpi dengan cara: percobaan sederhana, hukum Hess, data entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.

Hukum kekekalan energi, dinyatakan bahwa "energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahakan, hanya dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya".

Sistem adalah segala sesuatu yang menjadi pusat perhatian, sedangkan lingkungan adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem. contoh: gula yang dilarutkan dengan air dalam gelas, maka sistem adalah gula dan air, sedangkan lingkungan adalah gelas.

Reaksi endoterm adalah reaksi yang membutuhkan panas, contoh: fotosintesis, sedangkan reaksi eksoterm adalah reaksi yang melepaskan panas, contoh: reaksi pembakaran.

Jenis perubahan entalpi standar:
  1. perubahan entalpi standar pembentukan (Hf)
  2. perubahan entalpi standar penguraian (Hd)
  3. perubahan entalpi standar pembakaran (Hc)
  4. dll
Lebih lengkapnya silahkan saja lihat slide-slide ini:
Tampilan awal termokimia
Beranda Termokimia
Peta Konsep Termokimia
Masih penasaran lagi, silahkan saja unduh/download materi/bahan ajar ini, pada link: termokimia. file unduhan berupa file winrar dengan password "pojokimia"

Semoga bahan/materi ajar ini dapat bermanfaat, dan gunakanlah dengan bijak.

Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar