Gaya Antarmolekul

by Apep Ependi, S.Si

Salam

ikatan hidrogen pada molekul air
ikatan hidrogen pada molekul air
Posting kali ini, mengenai materi kimia tentang "gaya antarmolekul".

Materi kimia gaya antarmolekul merupakan materi kimia yang diberikan kepada siswa SMA/MA di kelas 11.

Pada materi kimia gaya antarmolekul, siswa mempelajari tentang ikatan hidrogen dan gaya van der waals. Ikatan hidrogen merupakan ikatan yang terjadi antara atom H (hidrogen) dengan atom N, O, atau F, yang mana molekul tersebut memiliki atom H, N, O, atau F yang terikat secara langsung. Sedangkan, Gaya Van der Waals merupakan gaya antarmolekul yang terjadi karena adanya interaksi antarmolekul dipol, dipol-nondipol, dan nondipol (gaya London).

Gaya antarmolekul merupakan gaya yang terjadi antara molekul satu dengan molekul yang lainnya, baik sama jenis maupun beda jenis. Materi ini merupakan lanjutan dari materi ikatan kimia di kelas 10. Hanya saja, pada ikatan kimia yang dipelajari ikatan yang terjadi dalam molekul.
Bahan ajar ini, terlihat seperti:
gaya antarmolekul slide
beranda gaya antarmolekul
gaya van der waals dan gaya london
Materi ini, saya dapatkan dari pihak lain. Semoga dapat digunakan dengan bijak. Oh iya, file yang di download ini dalam bentuk winrar dengan password "pojokimia".

Kalo suka silahkan download/unduh pada link ini: gaya antarmolekul

Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar