Struktur Atom dan Sistem Periodik (3)

by Apep Ependi, S.Si

SPU model Lothar Meyer
Salam,

Masih mempostingkan materi kimia kelas sepuluh (10). POJOKIMIA kali ini mempostingkan tentang "struktur atom dan sistem periodik".

Sesuai dengan judul postingan, postingan materi ajar ini merupakan postingan yang ketiga. Pada materi struktur atom dan sistem periodik ini, siswa akan mempelajari tentang: perkembangan sistem periodik, struktur atom, sifat-sifat unsur dan massa atom relatif, sifat-sifat sistem periodik, serta perkembangan teori atom dan model atom. 

Perkembangan sistem periodik, dimulai dari Lavoiser, Dobereiner, Newlands, Lothar Meyer, Mendeleev, dan Moseley (sistem periodik modern).

Struktur atom, atom terbagi atas: 1) inti atom, yang terdiri dari: proton (bermuatan positif) dan neutron (tidak bermuatan). 2) kulit atom tersusun oleh elektron (bermuatan negatif).

Massa atom relatif, merupakan massa relatif dari suatu atom. Untuk menghitung massa atom relatif dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: 1) membandingkan dengan massa 1 atom C-12. 2) menggunakan persen isotopnya.

Sifat-sifat sistem periodik, antara lain: sifat logam dan nonlogam, jari-jari atom, energi ionisasi, elektronegatifitas, dan afinitas elektron. Sifat-sifat sistem periodik tersebut berhubungan sedang sistem periodik unsur.

Perkembangan teori atom, dimulai dari Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan Mekanika Kuatum.

Ini tampilannya:
tampilan awal sistem periodik dan struktur atom
beranda sistem periodik dan struktur atom
perkembangan sistem periodik
motivasi sistem periodik dan struktur atom
Kalau belum cukup informasi di atas, silahkan unduh saja file pada link: Struktur Atom dan Sistem Periodik. File ini dalam bentuk winrar, perlu diekstrak terlebih dahulu. Butuh programnya? silahkan ke Halaman Bantuan ini!.

Gunakanlah dengan BIJAK !!!.

Dan ingat pada motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar