Hukum Dasar Kimia (2)

by Apep Ependi, S.Si

hukum kekekalan massa
Lovoiser, Hukum kekekalan massa
Salam,

Materi ajar kimia kelas sepuluh (10) mengenai "hukum-hukum dasar kimia". Merupakan postingan POJOKIMIA yang kedua.

Pada materi ajar hukum dasar kimia kali ini, siswa akan mempelajari tentang: hukum kekekalan massa, hukum perbandingan tetap, hukum perbandingan berganda, hukum perbandingan volume, dan hukum Avogadro.

Sedikit diterangkan di sini:
Hukum kekekalan massa, dikemukakan oleh Lavoiser yang mengatakan bahwa massa sebelum bereaksi akan sama dengan massa setelah reaksi. Misalkan: 15 g zat A direaksikan dengan 13 g zat B maka massa zat yang terbentuk akan sebesar 28 g, baik zat yang terbentuknya itu satu, dua, atau tiga zat. 

Hukum perbandingan tetap, oleh J. Proust yang mengatakan bahwa perbandingan massa unsur-unsur dalam setiap senyawa adalah tetap. Misalkan: perbandingan massa atom hidrogen dengan atom oksigen dalam molekul air akan selalu 1: 8.

Hukum perbandingan berganda, oleh Dalton yang mengemukakan bahwa jika 2 unsur membentuk 2 macam senyawa atau lebih, untuk massa salah satu unsur yang sama banyaknya, massa unsur ke-2 dalam senyawa-senyawa itu akan berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana. Misalkan: atom N dengan atom O membentuk 2 macam senyawa, jika massa atom N dibuat sama maka akan senyawa yang terbentuk adalah NO dan NO2. Perbandingan atom O merupakan bilangan bulat dan sederhana.

Hukum perbandingan volume, oleh Gay-Lussac yang mengemukakan bahwa perbandingan volume gas sesuai dengan perbandingan koefisiennya. Misalkan: pada reaksi pembentukan molekul 2H2O, persamaan reaksinya 2 H2 + O2 -> 2 H2O, maka perbandingan volume H2 : O2 : H2O = 2 : 1 : 2.

Hukum Avogadro, menyatakan bahwa pada suhu dan tekanan yang sama, perbandingan volume gas sesuai dengan perbandingan jumlah molekulnya.

Nah, singkat saja. Kalau belum cukup, silahkan lihat tampilan-tampilan di bawah ini:
awal hukum dasar kimia
beranda hukum dasar kimia
hukum perbandingan volume (Gay-)Lussac
persamaan hukum Avogadro
karakter bangsa hukum dasar kimia
Masih belum cukup, silahkan unduh/download filenya pada link: Hukum Dasar Kimia.
File ini berupa file winrar, ekstrak terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Silahkan kunjungi halaman Bantuan ini, untuk mengunduh/mendownload software untuk mengekstraknya.
Sekali lagi, file yang telah diunduh/didownload, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Tetap fokus pada motto:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.
Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar