Kesetimbangan Kimia (2)

by Apep Ependi, S.Si

grafik reaksi kesetimbangan
Salam,

Postingan kali ini mengenai materi atau bahan ajar kimia kelas sebelas (11), kali ini tentang "kesetimbangan kimia". Postingan tentang kesetimbangan kimia ini merupakan postingan POJOKIMIA yang kedua.

Pada materi atau bahan ajar kesetimbangan kimia ini, siswa akan diberikan informasi tentang: reaksi kesetimbangan, pergeseran kesetimbangan atau faktor-faktor yang memengaruhinya, tetapan kesetimbangan, serta penerapan konsep kesetimbangan. 

Reaksi kesetimbangan merupakan reaksi kimia yang berlangsung bolak-balik, maksudnya reaksi pembentukan produk sama dengan reaksi penguraiannya atau reaksi penguraian reaktan sama dengan reaksi pembentukkannya. Atau, laju reaksi ke kanan sama dengan laju reaksi ke kiri.

Pergeseran kesetimbangan, berdasarkan azas Le Chateulieur yang menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi kesetimbangan kimia, seperti: konsentrasi, suhu, volume, dan tekanan.

Tetapan kesetimbangan, terbagi 2 yakni: tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi dan tetapan kesetimbangan berdasarkan tekanan. Kedua tetapan kesetimbangan tersebut berdasarkan Hukum Aksi Massa, yang menyatakan bahwa untuk reaksi kimia pada suhu tertentu, perbandingan hasil kali konsentrasi zat-zat di ruas kanan (produk) dengan hasil kali konsentrasi zat-zat di ruas kiri (reaktan), yang masing-masing dipangkatkan dengan koefisien reaksinya akan menghasilkan suatu bilangan yang tetap.

Penerapan konsep kesetimbangan banyak dilakukan di industri-industri kimia, seperti: industri pupuk urea (menggunakan proses Haber-Bosch) dan industri asam sulfat (menggunakan proses Kontak).

Silahkan, dilihat tampilannya:
indikator kesetimbangan kimia
materi kesetimbangan kimia
reaksi kesetimbangan
penulisan tetapan kesetimbangan
Kalau masih belum cukup dengan tampilan di atas, silahkan unduh saja filenya di link: Kesetimbangan Kimia ini.
File berupa file ppsx yang dapat langsung dijalankan.
File yang telah didownload/diunduh, gunakanlah dengan BIJAK !!!

Dan, Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA).
Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar