Sistem Periodik Unsur (SPU) (1)

by Apep Ependi, S.Si

sistem periodik unsur SPU
tabel periodik unsur
Salam

Kali ini, saya mempostingkan materi kimia kelas sepuluh mengenai "sistem periodik unsur (SPU)".

Postingan mengenai materi kimia sistem periodik unsur ini merupakan postingan yang pertama.

Pada materi kimia "sistem periodik unsur" ini, akan diberikan wawasan tentang: perkembangan sistem periodik, susunan unsur dalam sistem periodik modern, perkembangan teori dan model atom, struktur atom, sifat-sifat unsur dan massa atom relatif, serta sifat-sifat sistem periodik.

Sedikit saya jabarkan dari perkembangan sistem periodik, yaitu: bahwa tujuan utama dari mengelompokkan unsur-unsur adalah untuk memudahkan penentuan sifat setiap unsur dalam pembentukan suatu senyawa. Perkembangan dimulai oleh: Lavoiser (mengelompokkan unsur-unsur hanya ke dalam 4 sifat utama), Dobereiner (terkenal dengan Triadenya), John Newland (terkenal dengan Oktafnya), Lothar Meyer (menyusun berdasarkan sifat fisikanya) dan Mendeleev (menyusun berdasarkan sifat kimianya dengan memberikan ruang kosong dan memperkenalkan istilah golongan dan periode), serta Moseley (menyusun berdasarkan nomor atom).

Untuk lebih jelasnya, silahkan aja lihat tampilan-tampilan di bawah ini:

submateri sistem periodik unsur
perkembangan sistem periodik unsur
golongan dan periode
partikel penyusun atom
Tertarik dengan tampilan di atas, silahkan saja download filenya pada link: Sistem Periodik Unsur (SPU). File unduhan dalam bentuk ppsx.

Jika sudah diunduh/didownload, gunakanlah dengan BIJAK!. Ingat!, sebagus apapun materi yang ada tetap pada motto:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, diberikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.

Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar