Kesetimbangan Kimia

by Apep Ependi, S.Si

contoh kesetimbangan kimia
stalaktit dan talagnit merupakan contoh kesetimbangan kimia
Salam

Kali ini postingan Pojokimia mengenai materi kimia tentang "kesetimbangan kimia".

Kesetimbangan Kimia merupakan materi kimia yang diberikan kepada siswa tingkat SMA/MA yang duduk di kelas sebelas (XI).

Pada materi kesetimbangan kimia, siswa akan mempelajari tentang: pengertian dari kesetimbangan kimia, kesetimbangan homogen, kesetimbangan heterogen, azas Le Chatileur (Hk. Aksi Massa) mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia, tetapan kesetimbangan dalam konsentrasi dan tetapan kesetimbangan dalam tekanan, derajat disosiasi, penerapan kesetimbangan kimia dalam industri, seperti proses Haber-Bosch dan proses Kontak.

Di sini, saya jelaskan sedikit materi kesetimbangan kimia:
Kesetimbangan kimia merupakan suatu keadaan yang mana laju reaksi pembentukan produk sama dengan laju reaksi penguraiannya.
Kesetimbangan kimia berdasarkan fase-fase zatnya terbagi dalam 2 bagian, yaitu: kesetimbangan homogen (fasenya sama) dan kesetimbangan heterogen (fasenya berbeda). Pada kesetimbangan heterogen hanya fase gas (g) dan larutan (aq) yang mempengaruhi proses kesetimbangan
Proses pergeseran kesetimbangan mengikuti azas Le Chatileur, yang mana proses kesetimbangan akan memberikan reaksi terhadap aksi yang diberikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan, yaitu: konsentrasi, suhu, tekanan, dan volume.
Persamaan proses kesetimbangan dituliskan dalam dalam suatu ketetapan kesetimbangan berdasarkan Hukum Aksi Massa.
Segitu aja sedikit ringkasan tentang materi kesetimbangan kimia, kalo masih penasaran lihat saja tampilan-tampilan di bawah ini:
tampilan awal kesetimbangan kimia
beranda kesetimbangan kimia
submateri tetapan kesetimbangan
karakter dari kesetimbangan kimia
bagaimana tampilan-tampilan di atas, okeh bukan?. Kalo masih penasaran juga silahkan saja download/unduh materi ajar tersebut pada link: Kesetimbangan Kimia
Ingat! file yang didownload/diunduh berupa file winrar maka harus diekstrak dahulu, dengan password "pojokimia".

Kalo sudah didownload/diunduh, Gunakanlah dengan Bijak!, karena sebagus apapun materi tak akan berguna jika tidak dibaca dan dipahami.

Ingat, pada Motto ini:

CHEMISTRY IS EASY IF YOU STUDY

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Akhir kata semoga, apa yang saya berikan dapat kalian ambil manfaatnya.
Wa'salam

0 komentar:

Posting Komentar