Bahan Bakar Biogas dari Sampah Organik


instalasi alat bahan bakar biogas
Alhamdulillah, masih dikasih kesehatan. Malam Senin Kemarin nonton MT Golden Way ada kalimat yang bagus "Kebanyakan dari kita bersyukur karena mendapatkan kebahagiaan, padahal sebaiknya bersyukurlah maka kita akan bahagia".

Postingan ini untuk halaman "Kabar Kimia" mengenai Karya Tulis Ilmiah Kimia tentang "Bahan Bakar Biogas dari Sampah Organik". Karya Tulis Ilmiah Kimia ini disusun oleh Siswa MAN 2 Kota Serang, yaitu: Mohamad Naufal Nazih (XI IPA 3).

Ringkasan dari KTI Kimia sebagai berikut:
Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.

Biogas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik sangat populer digunakan untuk mengolah limbah biodegradable karena bahan bakar dapat dihasilkan sambil menghancurkan bakteri patogen dan sekaligus mengurangi volume limbah buangan. Metana dalam biogas, bila terbakar akan relatif lebih bersih daripada batu bara, dan menghasilkan energi yang lebih besar dengan emisi karbon dioksida yang lebih sedikit. Pemanfaatan biogas memegang peranan penting dalam manajemen limbah karena metana merupakan gas rumah kaca yang lebih berbahaya dalam pemanasan global bila dibandingkan dengan karbon dioksida. Karbon dalam biogas merupakan karbon yang diambil dari atmosfer oleh fotosintesis tanaman, sehingga bila dilepaskan lagi ke atmosfer tidak akan menambah jumlah karbon diatmosfer bila dibandingkan dengan pembakaran bahan bakar fosil.
Biogas merupakan campuran beberapa gas dengan komposisi sekitar 40 - 75 % metana (CH4), 25 - 60 % karbon dioksida (CO2), dan sekitar 2 % gas lain yang meliputi hidrogen, hidrogen sulfida dan karbon monoksida. bisa dikatakan secara umum rentang komposisi biogas adalah sebagai berikut
Sampah adalah barang yang dianggap sudah tidak  terpakai dan dibuang oleh pemilik/pemakai sebelumnya, tetapi masih bisa dipakai kalau dikelola dengan prosedur yang benar.Organik adalah proses yang kokoh dan relatif cepat.Sampah organik adalah sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos).Kompos merupakan hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti daun-daunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya dipercepat oleh bantuan manusia. Sampah pasar khusus seperti pasar sayur-mayur, pasar buah, atau pasar ikan, jenisnya relatif seragam, sebagian besar (95%) berupa sampah organik sehingga lebih mudah ditangani.Sampah yang berasal dari pemukiman umumnya sangat beragam, tetapi secara umum minimal 75% terdiri dari sampah organik dan sisanya anorganik"
Keseluruhan isi KTI Kimia di atas dapat dilihat pada tampilan di bawah ini:


Tertarik!, silahkan unduh/download pada link-link di bawah ini :
Karya Tulis Ilmiah Kimia ini dibagi menjadi beberapa bagian agar mempermudah dan mempercepat proses unduh/download. Dan, jika sudah diunduh/download. Gunakanlah dengan Bijak!

                                                                                                                                                      
Masih banyak KTI Kimia yang dapat didownload atau diunduh, silahkan kunjungi link-link di bawah ini:
   a. Kulit Singkong Sebagai Penjernih Air
   b. Pemanfaatan Jerami Padi Sebagai Bahan Subtitusi pada Panel Dinding
   c. Pemanfaatan Kotoran Sapi dalam Pembuatan Biogas
   d. Minyak Jelantah Si Pembersih Badan
   e. Limbah Plastik Penghasil Minyak
                                                                                                                                                      

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Terima Kasih.

-->

2 komentar:

  1. gan,

    bagus....sangat membantu
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke,

      semoga bisa bermanfaat dan gunakanlah dengan bijak

      salam kenal

      Hapus