Pembahasan Soal LKS Sistem Koloid

by Apep Ependi, S.Si

pembahasan soal lks sistem koloid
Adsorpsi Sistem Koloid
Alhamdulillah, pada kesempatan ini POJOKIMIA dapat mempostingkan Pembahasan Soal LKS Sistem Koloid.

Pembahasan soal yang diberikan bukan hanya sebatas pembahasan soal dengan rumus tetapi  disertai dengan konsep-konsep dan langkah-langkah cara menyelesaikan soal kimia, sehingga dapat membentuk kerangka berfikir dari kalian dan dapat membentuk rasa Percaya Diri dalam menyelesaikan soal-soal kimia yang lainnya. Amin.

Pembahasan soal LKS Sistem Koloid saya bagi berdasarkan banyaknya tujuan pembelajaran yang ada di LKS tersebut (umumnya 1 file download/unduhan hanya terdiri dari 10 buah soal), yang terdiri dari:

  • Tujuan 5A (Siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian sistem koloid dan membedakan antara larutan sejati, koloid, dan suspensi), hanya 1 file/bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link di link ini: Tujuan 5A.
  • Tujuan 5B (Siswa diharapkan mampu menentukan komponen penyusun sistem koloid, menyebutkan jenis-jenis sistem koloid, dan menjelaskan masing-masing jenis sistem koloid), hanya 1 file/bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link di link ini: Tujuan 5B.
  • Tujuan 5C (Siswa diharapkan mampu menyebutkan sifat-sifat sistem koloid), terbagi ke dalam 2 file/bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link di bawah ini:
  1. Tujuan 5C (bagian 1)
  2. Tujuan 5C (bagian 2)
  • Tujuan 5D (Siswa diharapkan mampu menjelaskan penerapan sistem koloid dalam kehidupan seharihari, menjelaskan proses kerja detergen dalam membersihkan kotoran, menjelaskan proses pengolahan air bersih dengan menggunakan konsep sistem koloid, dan menjelaskan pengertian koloid pelindung dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari), hanya 1 file/bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link di link ini: Tujuan 5D.
  • Tujuan 5E (Siswa diharapkan mampu  menjelaskan pengertian koloid liofil dan liofob, serta menjelaskan pengertian koloid hidrofil dan hidrofob), hanya 1 file/bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link di link ini: Tujuan 5E.
  • Tujuan 5F (Siswa diharapkan mampu menyebutkan macam-macam cara pembuatan sistem koloid dan membuat sistem koloid dari bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar), hanya 1 file/bagian. Kalo kalian mau mendownload/mengunduh file, silahkan klik saja link di link ini: Tujuan 5F.
Note:  1) Ada beberapa tujuan yang dibagi ke dalam beberapa bagian, hal ini dilakukan untuk mempercepat dan mempermudah proses download. 2) Kalo mau silahkan baca terlebih dahulu halaman Bantuan

Silahkan, berikan komentar/saran (BEBAS, tapi tidak SARA). Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar